Tes Psikologi (1)

Bayangkan Anda sedang mengalami situasi seperti berikut. Anda mempertimbangkan untuk membeli mobil bekas dalam waktu dekat. Mobil yang Anda inginkan adalah yang kabinnya cukup luas, karena mobil ini akan digunakan untuk mengantar istri dan kedua anak Anda ke sekolah atau berbelanja. Anda sebenarnya belum terlalu membutuhkan mobil kedua. Tapi karena mobil yang Anda miliki sekarang mobil mewah, Anda agak khawatir akan terjadi sesuatu di jalan, mengingat lalu lintas yang cukup semrawut.

Anda telah mencari informasi ke beberapa sumber, dan mendapati bahwa harga kisaran mobil bekas dengan merk dan tipe yang Anda incar adalah 100-110 juta. Suatu saat Anda melihat sebuah mobil dengan merek dan tipe yang sama tengah diparkir di pinggir jalan, dengan banner bertuliskan “DIJUAL” menempel di kacanya. Anda kemudian berhenti dan menanyakan harga mobil tersebut kepada pemiliknya.
Pemiliknya seorang Ibu paruh baya. Ibu tersebut mengatakan bahwa ia menjual mobil tersebut dengan harga 75 juta. Ia membutuhkan uang tersebut segera, untuk melunasi hutang peninggalan suaminya yang baru saja meninggal beberapa bulan yang lalu. Anda sangat terkejut dengan mendengar harga yang diajukan Ibu tersebut. Harga itu jauh di bawah harga pasar yang telah Anda survei. Dengan asumsi bahwa keseluruhan mobil tersebut dalam kondisi yang sangat baik, serta memiliki surat-surat lengkap-tindakan apa yang akan Anda ambil selanjutnya?

Nah, sekarang pilih di antara jawaban berikut. Pilih jawaban yang Anda anggap paling mendekati dengan respon yang akan Anda berikan saat berhadapan dengan situasi tersebut. Sertakan pula (tulis) pilihan yang tidak mungkin Anda pilih. Misalnya, pilihan Anda adalah pertama dan yang paling tidak munkin Anda lakukan adalah B. Maka, ketiklah A-B. Jangan lupa dengan alasannya ya. Sudah jelaskan?
Karena ini adalah tes psikologi, berikanlah jawaban Anda yang sebenarnya. Insya Allah analisisnya akan ditulis di bagian komentar thread ini atau ke email Anda, bergantung permintaan.

A) Secepatnya mengambil kesempatan itu dan sesegera mungkin melakukan transaksi pembelian mobil dengan Ibu tersebut.
B) Menawar lebih rendah lagi, meskipun Anda tahu harga jual yang diajukan Ibu tersebut sudah sangat rendah.
C) Memberi tahu Ibu tersebut bahwa harga yang ia tawarkan jauh di bawah harga pasar, kemudian mengatakan kepadanya bahwa Anda ingin sekali membeli mobil tersebut.

(adapted from Negotiation Choice by Prof Michael Wheeler-Harvard Bussines School, Training from Mr. Harryadin Mahardika)

One response to this post.

  1. Posted by indah on November 3, 2009 at 4:26 pm

    pilih c . . .

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: