Tes Psikologi (2)

Tes berikut adalah lanjutan dariu tes Psikologi 1. Kalau Anda belum mengerjakan yang bagian pertama, monggo lihat dan kerjakan dulu, biar nyambung githu…He…he…

Asusmsikan akhirnya Anda membeli mobil tersebut dengan harga tertentu. Selama beberapa tahun kemudian, mobil tersebut Anda pakai untuk keperluan istri dan anak-anak Anda. Selama itu pula tidak banyak keluhan yang Anda rasakan. Bahkan, merek dan tipe mobil tersebut kabarnya cukup laris di pasar mobil bekas sehingga harga jualnya relatif stabil selama beberapa tahun.

Seorang teman kemaudian memberikan informasi yang menurut Anda sangat berharga. Menurutnya, mobil tersebut sebaiknya segera Anda jual karena komponen transmisi otomatatis pada mobil dengan merek dan tipe seperti milik Nada biasanya harus diganti setiap tujuh tahun sekali. Harga komponen tersebut cukup mahal, sekitar 25 juta. Informasi itu cukup mengejutkan Anda, karena berdasarkan tahun pembuatannya, mobil terebut sudah berusia enam tahun. Ini berarti, setahun lagi Anda harus mengganti komponen tersebut, suatu hal yang cukup memberatkan keuangan Anda.
Anda memutuskan untuk segera menjual mobil tersebut. Anda mematok harga Rp90 juta, sesuai dengan harga pasar saat itu. Meski demikian, jika ada yang menawar 80 juta Anda akan mengambil tawaran tersebut. Beberapa hari setelah diiklankan di koran, datang beberapa penawaran. Salah satu tawaran yang tertinggi datang dari sebuah perusahaan yang sedang mencari mobil untuk antar-jemput karyawannya. Tawaran perusahaan tersebut ialah Rp85 juta. Ada mengisyaratkan untuk menerima tawaran tersebut. Ketika wakil dari perusahaan tersebut menemui Anda, ia bertanya “Mengapa Bapak mau menjual mobil ini dengan hara di bawah pasar?”-Jawaban apa yang akan Anda berikan terhadap pertanyaan tersebut?

Nah, sekarang pilih di antara jawaban berikut. Pilih jawaban yang Anda anggap paling mendekati dengan respon yang akan Anda berikan saat berhadapan dengan situasi tersebut. Sertakan pula (tulis) pilihan yang tidak mungkin Anda pilih. Misalnya, pilihan Anda adalah pertama dan yang paling tidak munkin Anda lakukan adalah B. Maka, ketiklah A-B. Jangan lupa dengan alasannya ya. Sudah jelaskan?
Karena ini adalah tes psikologi, berikanlah jawaban Anda yang sebenarnya. Insya Allah analisisnya akan ditulis di bagian komentar thread ini atau ke email Anda, bergantung permintaan.

A) Saya sendiri sebenarnya juga belum menemukan alasan yang tepat. Saya tiba-tiba ingin menjualnya begitu saja.
B) Saya khawatir harus mengeluarkan uang yang cukup besar untuk mengganti komponen transmisi otomatisnya setahun lagi
C) Saya ingin membeli mobil baru. Tipe ini sudah agak ketinggalan jaman

(adapted from Negotiation Choice by Prof Michael Wheeler-Harvard Bussines School, Training from Mr. Harryadin Mahardika)

One response to this post.

  1. jawaban saya C.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: