Archive for November, 2008

Buat Paspor Baru

Hmm, pengalaman menarik ketika kemarin saya mengurus paspor. Sebelum mengajukan pembuatan paspor ke pihak Imigrasi, saya tanya-tanya dulu teman, kakak kelas, bahkan search di internet. Alhamdulillah, banyak masukan dan trik ketika mengajukan pembuatan paspor.

H-1
Saya ke Dinas Imigrasi di kota tempat sekarang saya tinggal. Setelah sampai, langsung ke bagian informasi dan menanyakan bagaimana langkah mengajukan pembuatan paspor. Petugas mempersilahkan saya membeli stopmap seharga 15 ribu. Mahal Banget. (korupsi jaman baru nih, pake difasilitasi segala…whatever dah). Di dalam stopmap tersebut terdapat formulir pengajuan dan sampul paspor). Setelah mengisi formulir dan mencantumkan persyaratan pengajuan, saya kembali ke bagian informasi. Walaupun sempat nunggu lama karena ada alat operasional di sana yang mati, alhamdulillah bisa juga naruh tuh dokumen-dokumen rahasia saya dengan terlebih dahulu mengambil no antrian. Awalnya, saya kirain bisa langsung diurus total satu hari tersebut, eh ternyata diminta pulang. “Minggu depan ke sini lagi ya?”. kata seorang petugas. Waduh, gimana ini. Ya udah deh, nggak apa-apa. Toh siang ini saya mesti ngantor dulu. Baca lebih lanjut