Hadim: Sisi Aktivis Sejati

hadim2
Hadim dilahirkan di Lampung, sebuah daerah masyhur transmigrasi di bagian Pulau Sumatera. Saya kenal Hadim saat bersama dalam satu kepanitiaan acara penyambutan mahasiswa baru di kampus. Hadim yang saya kenal, adalah seorang teguh dengan segala keterbatasan.

Saya lupa berapa jumlah tepat saudaranya. Namun, yang saya tahu ia dilahirkan sebagai anak seorang biasa. Bersama dengan kakaknya, kini ia tinggal di Bogor. Saya pernah berbincang dengan Hadim. Ia menceritakan tentang keluarga dan dirinya. Sejak kecil, orang tuanya sudah meninggal dunia. Sejak SD sampai SMA, ia disekolahkan oleh tetangga dan atau orang yang dermawan mau membantunya. Tidak sama dengan anak-anak seusianya, Hadim besar tanpa kasih sayang orang tua, kemegahan tempat tinggal dan pemenuh perut maupun dahaga. Dengan bekal shaum daud dan kezuhudan, seorang Hadim meretas jalan menuju surga Allah SWT.

Kehidupan seperti itu pun, kini ia masih jalani. Bersama kakanya, Hadim berjibaku mengais rupiah demi sesuap nasi di perantauan. Beberapa usaha pernah ia tekuni. Beberapa yang saya tahu, dulu ia dan kakaknya adalah pengecer air minum galon merk MQ. Karena ketekunan dan kegigihan mereka, berita terakhir yang saya dengar kini mereka menjadi suplier air minum di daerah sekitar kampus.

Pengalaman Hadim dalam dunia wirausaha tidak dapat diragukan lagi. Selain usaha air minum galonnya, Hadim juga pernah menjadi staf waiter toko elektronik ternama di bilangan kampus IPB Dramaga. Analisis wirausaha dan peluang bisnis yang dipelajarinya dari praktik langsung meyakinkan Hadim terjun ke bisnis makanan kecil. Hampir sebulan yang lalu, hadim kirim email menawarkan kerjasama investasi makanan kecil waralaba tella Krezz.

Di balik usahanya, Hadim adalah seorang aktivis. Aksi menentang kedzaliman, ikhitiar menebar kebaikan, dan peras otak demi mencapai gemilangnya tujuan tengah dan (mudah-mudahan) tak akan pernah pupus dilakukan. Saudaraku, semoga kita dipertemukan di jannah-Nya….

4 responses to this post.

  1. SUBHANALLAH…….pribadi yang mengagumkan…
    Semoga menjadi motivasi dan teladan bagi umat membangun generasi Rabbani…
    An jadi inget Surat Al-Mukminun kalo lihat antummmm
    Jazakallah…

    Balas

  2. Posted by duniabaruku on Desember 16, 2008 at 12:14 am

    inget siapa nih saya atau Hadim, he..he…

    Balas

  3. Posted by duniabaruku on Mei 8, 2011 at 5:48 pm

    Haha….

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: