Jangan Rubah Dunia

“I want to change the world”
(Inuyasha OST.)

Al kisah, ada seorang raja dari negeri yang adil dan sejahtera. Suatu ketika, sang raja berjalan-jalan di wilayah yang dipimpinnya. Sesaat setelah melakukan perjalanan tersebut, sang raja mengeluh sakit dan pegal-pegal. Hal tersebut karena jalan yang ia tempuh kasar dan berbatu. Pun, perjalan tersebut adalah perjalanan panjang pertama sang raja mengelilingi wilayahnya.

Sang raja memerintahkan kepada pegawainya untuk melapisi seluruh jalan di sekitar dengan kulit supaya nyaman diinjak. Untuk rencana tersebut, kerajaan harus menyiapkan ribuan kulit sapi dan dana yang tidak sedikit. Melihat hal ini, ada seorang pembantu raja yang berkata ” Wahai raja, mengapa engkau mengeluarkan banyak anggaran hanya untuk keperluan tersebut? sebenarnya, engkau hanya perlu sedikit kulit untuk menjadi alas kakimu sehingga nyaman untuk berjalan di jalan kasar”. Sang raja pun tersadar dan berterimakasih atas usulan tersebut.

Kadang, kita menginginkan dunia menjadi tempat yang indah, nyaman, damai, dan sesuai dengan apa yang kita harapkan. Tak jarang, kita menginginkan orang lain untuk berubah. Namun, sebenarnya kunci untuk mengubah dunia tersebut hanyalah dengan mengubah pandangan hidup kita. Ya, kuncinya terletak pada kita. Ubah diri sendiri dulu.

tf: 100 Morals Stories

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: