8 Cara Membantu Rakyat Palestina

palestineAkhir-akhir ini, dunia merintih tak berdaya. Kekejaman zionis Israel la’natullah alaihim seakan tak terbendung atas derita rakyat Pelestina. Ribuan warga terluka, ratusan nyawa meninggal dunia. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) meringis dan hanya menegur atas korban sipil yang berjatuhan. Timur tengah sebagai tetangga Palestina terbelenggu nasionalisme sempit dan hanya bisa berdiplomasi. Itupun tak kunjung menghasilkan. Amerika Serikat, sang polisi dunia takluk dengan lobi bengis Zionis. Tak seonggok bantuan pun diberikan kepada rakyat Palestina. Sementara kita, dunia ketiga yang tak memiliki kekuatan finansial dan lobi hanya bisa menggerutu dan memberikan asa apa adanya. Akankah kita diam dengan seribu bahasa di dalam dada?

Saudara-saudaraku, posisi kita memang sulit. Namun, bukan berarti kepedulian kita akan rakyat Palestina ikut terbelit. Mari bersama bantu rakyat Palestina dengan kemampuan yang ada. Berikut alternatif yang dapat kita lakukan. Siapa pun boleh menambahkan atau mengurangi. Namun, yang pasti adanya kontribusi nyata bagi rakyat di Gaza sana.

1. Berdo’a
Do’a adalah kekuatan yang tak terlihat. Oleh karenanya, do’a yang tulus atas saudara-saudara kita di Palestina insya Allah akan membuat mereka tegar dan optimis. Yakinlah, Allah SWT akan memberikan kemenangan dari jalan yang telah disangka maupun tidak oleh manusia.
Berdo’alah untuk rakyat Palestina agar mereka tetap sabar dan terus diberikan kekuatan untuk menggigit kuat aqidah Islam. Do’akan juga merekat tetap kokoh dan solid menjunjung persatuan. Akhirnya, mohonlah kepada Allah SWT agar memberikan kekuatan dan izzah-Nya kepada rakyat Palestina dan mujahidin di sana. Sesungguhnya Allah SWT mahabijaksana lagi mahaperkasa.

2. Tidak bertindak menguntungkan Israel
Salah satunya adalah barang yang banyak kita konsumsi. Tidak dapat kita pungkiri, tidak sedikit produk berafiliasi ke donasi Israel. Mulai makanan sampai alat telekomunikasi. Walaupun susah untuk dilakukan, mari perlahan bantu rakyat Palestina dengan beralih ke produk yang membantu ummat Islam. Kita pasti bisa. Saatnya kita bangkit dan berdikari menuju kesejahteraan Islami.

3. Donasi materi
Siapapun dan profesi apapun, berikanlah sumbangsih. Berapapun, apapun dan dimanapun. Apabila kita mampu memberikan jasa lantaran punya keahlian kesehatan, mari salurkan. Jika kita mempunyai dana untuk diinfakkan, mari berikan. Misalnya, berikan bantuan melalui Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP), bantuan medis ke MER-C (dengan ketik MERC PEDULI ke 7505), maupun relawan Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI). Tiada penghalang bagi kita untuk berkontribusi nyata bagi perdamaian bumi ini.
info lainnya:

KNRP:
BCA 7600325099 cab jatinegara barat a.n. komnas untuk rakyat palestina
KISPA:
Bank Muamalat Indonesia (BMI) Cabang Slipi
No. 311.01856.22 an Nurdin QQ KISPA
Cek link berikut:
http://www.mer-c.org/
http://www.knrp.or.id/
http://www.eramuslim.com/
4. Jihad
Apapun kemampuan kita, berikanlah untuk saudara kita di sana. syukur-syukur kita mempunyai kesempatan untuk berkontribusi positif sehingga menemui kesyahidan di jalan Allah SWT. Apabila belum mampu, mari siapkan untuk masa depan.

5. Kirim/posting artikel berkaitan Palestina
Dengan memanfaatkan media yang ada. cetak maupun elektronik, mari bantu rakyat Palestina dengan menginformasikan keadaan mereka sebenarnya. Berikan harapan bagi mereka dan ummat Islam dunia. Satu jiwa yang bersimpati lebih berharga daripada jiwa dengki dan tak punya hati bagi saudaranya.

6. Sebarkan pesan dan ajakan simpati
Apapun bentuknya, via milist, forum, kontak email pribadi, bahkan handphone. Biarkan sarana itu mengusik nurani saudara-saudara kita. Banyak yang bersimpati lebih baik dari sedikit, bukan?

7. Demonstrasi/Aksi
Sampaikan aspirasi dengan cara yang tepat. Bila nasihat tidak mempan, tunjukkan pada dunia bahwa ummat Islam masih ada. Jangan biarkan mereka (Palestina) kesepian. Insya Allah, dengan melihat banyak saudara yang tulus berpanas ria membela mereka; Palestina kan tegar menjaga kehormatannya.

8. Kokohkan solidaritas Islam
Tunjukkan bahwa kita masih bersaudara. Jangan sampai isu-isu murahan memporak-porandakan jalinan ukhuwah muslim. Singkirkan prasangka dan buang jauh-jauh. Kini, bukan lagi saatnya berdebat: siapa yang paling benar dan berhak masuk surga. Sungguh, kekuatan ruh dan ukhuwah akan mampu menegakkan kembali izzah Islam di muka bumi ini.

cara di atas, adalah yang paling mungkin untuk dilakukan. Apabila ada usulan lain, silakan ditambahkan. Sekali lagi, yang terpenting adalah kontribusi positif dan riil bagi saudara kita di sana.

wallahul musta’an

5 responses to this post.

  1. Posted by piNK on Januari 5, 2009 at 5:16 pm

    semaN9aaaaD!!!!

    ALLAHUAKBAR!!

    Balas

  2. Posted by duniabaruku on Januari 6, 2009 at 10:39 am

    smangadh juga, Allahu Akbar…

    Balas

  3. akh boleh ane forward di milist yg an punya ga…?

    Balas

  4. Posted by duniabaruku on Januari 15, 2009 at 11:15 pm

    boleh…
    silah..silah..

    Balas

  5. wallahi….lemahnya israel bagaikan rumah laba-laba, yg dengan mudah kita menghancurkannya. save palestina..!!
    kami juga nulis artikel tentang palestina. judulnya “aku anak palestina” liat aja di sini lngng klik aja
    http://masamudamasakritis.wordpress.com/
    jgn lupa tinggalkan komentar juga ya…!!

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: