Phenylpropanolamine (PPA)

Phenylpropanolamine (PPA) sempat merebak lagi pada Awal MAret 2009. Berita yang ada mengemukakan bahwa Badan Pengawasan Obat Amerika Serikat (FDA) katanya mengeluarkan public advisory bagi warganya untuk tidak mengkonsumsi obat yang mengandung PPA.

PPA di dalam obat diduga menyebabkan bertambahnya peluang stroke. Lha, gawat khan. Eh,selidikpunya selidik ternyata berita tersebut hoax. Meskipun sebagian ada benarnya, namun sekilas berita ini menyesatkan. Untuk lebih jelasnya, silakan buka link ini dan itu.

2 responses to this post.

  1. Posted by nana on Mei 3, 2009 at 4:59 pm

    infonya, obat2an yang mengandung PPA yang ditarik oleh US FDA adalah obat2 pelangsing dalam dosis besar karena berefek menimbulkan perdarahan otak yang memicu terjadinya stoke.

    adapn obat2 yang mengandung PPA di Indonesia adalah obat2 untuk gejala flu, pilek, batuk, yang memiliki aturan minum sendiri. jadi, obat2 tersebut ttp saja berresiko menimbulkan stroke kalo yang minum tidak mmperhatikan aturan minum..

    Balas

  2. Posted by duniabaruku on Mei 4, 2009 at 10:11 pm

    Yup, thanks Bu…
    Berdasarkan sumber dari Depkes, maksimal yang dibolehkan (kandungan PPA) di Indonesia adalah 15 mg. So, kalo mau aman, liat aturan pake plus komposisi bahan (ingredients) obat-nya aja

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: