Obat Pencegah HIV AIDS

Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) menjadi penyakit yang paling menakutkan dalam dekade sekarang. Meskipun sebenarnya sudah lama dikenal, obat AIDS belum ada. Dahulu, ada berita bahwa kina berpotensi sebagai obat HIV AIDS. Namun, sampai kini belum jelas bagaimana perkembangan penelitian klinisnya.

AIDS disebabkan oleh virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Virus-virus ini dikenal dengan nama Human Immune-Deficiency Virus (HIV). Apabila terjangkit virus HIV, tubuh akan rentan terserang berbagai penyakit. Hal ini karena sistem kekebalan tubuh telah dilumpuhkan oleh virus penyebab AIDS.

Penyakit ini menyebar melalui berbagai cara, seperti lewat transfusi darah, penggunaan jarum suntik, dan hubungan seksual dengan penderita AIDS. Penderita terbanyak penyakit AIDS ini adalah para pekerja seks dan pecandu narkoba. Meskipun begitu, selain mereka juga bisa tertular penyakit ini misal karena transfusi darah. Kenapa? Jika darah terebut (donor) berasal dari orang terjangkit AIDS, niscaya penerima darah (resepien) akan terkena juga. Atau, bisa juga karena jarum suntik yang digunakan adalah jarum bekas. Pun, penyakit ini dapat tertular ke anak (bayi) jika si Ibu adalah penderita AIDS.

Obat HIV memang belum ada. Namun, dalam kajian farmakologi (ilmu yang mengkaji obat-obatan) ada mekanisme pencegahan kerja virus HIV. Pencegahan virus HIV ini menjadi fokus penelitian ilmuwan sekarang. Mau tahu cara pencegahan virus HIV? Berikut sedikit penjelasannya.

Seperti diketahui, virus hidup dan berkembang biak karena ‘numpang’ di makhluk hidup lain. Salah satu pencegahan yang paling efektif adalah memutus daur hidup virus. Caranya, dengan memotong proses replikasi virus HIV. Replikasi virus merupakan gerbang duplikasi dan perkembangbiakan HIV. Oleh karenanya, obat yang paling efektif adalah yang dapat mencegah terjadinya replikasi ini. Untuk lebih jelas mempelajari kesehatan dan informasi mutakhir, dapat lihat di link web site ilmu pengetahuan bioteknologi dan biokimia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: